Rabu, 05 Agustus 2015

BEDA SERANGAN JANTUNG DAN GAGAL JANTUNG

Dari dulu hingga sekarang, jantung sebagai organ penting bagi kehidupan juga menjadi faktor pembawa maut terbesar di seluruh dunia. Dengan tingginya tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung, tingkat kewaspadaan masyarakat terhadap hal ini pun meningkat. Buktinya, kita sering mendengar maupun berkata pada orang yang mengeluh sesak napas untuk memeriksakan jantungnya.

Sesak napas atau nyeri dada memang salah satu tanda adanya masalah pada kerja jantung. Akan tetapi, di dunia medis penyakit jantung dapat digolongkan menjadi 2 golongan besar, yaitu serangan jantung (myocardial infarction / MI) dan gagal jantung (heart failure / CHF). Ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Serangan jantung disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah jantung sehingga darah tidak dapat mengalir ke seluruh bagian tubuh sementara gagal jantung disebabkan oleh kondisi bilik kiri jantung yang tidak mampu memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Perawatan untuk keduanya pun berbeda, sehingga sebelum memberikan obat atau perawatan lainnya, dokter perlu mengetahui dan membedakan kedua kondisi tersebut. Pada awalnya pemeriksaan jantung dilakukan dengan pemeriksaan EKG. Namun, dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan, pemeriksaan jantung juga dapat dilakukan melalui pemeriksaan darah.

Dengan mengikuti perkembangan yang ada, PT Setia Anugrah Medika menyediakan alat POCT untuk memeriksa penanda sakit jantung pada darah, yaitu RAMP reader dan RAMP 200 (http://setia-medika.co.id/cardiacmarker.html). Produk ini juga sudah terdaftar di E-KATALOG LKPP dan dapat dilihat di menu alat laboratorium - automated clinical chemistry analyzer (https://katalog.lkpp.go.id/e-katalog-alkes/).
Baca pula ulasan lain mengenai RAMP reader (http://setia-medika.blogspot.com/2015/02/produk-alkes-e-katalog-lkpp-ramp-reader.html) dan RAMP200 (http://setia-medika.blogspot.com/2015/02/produk-alkes-e-katalog-lkpp-ramp-200.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar